ECO REMARK : Logika, Probabilitas dan Simulasi Segoro Gunung kerjasama dengan AV Peduli

Outing class jurusan matematika FMIPA UNS angkatan 2008 yang mengikuti kuliah Pengantar Teknik Simulasi terlaksana di Desa Segoro Gunung tanggal 18-19 april 2010. setelah sebelumnya outing class dilakukan oleh angkatan 2009 jurusan matematika dan jurusan ilmu komputer. Kuliah dilaksanakan Pukul Sabtu 15.00 WIB, Sabtu pukul 19.30 WIB, Minggu 07.00 WIB dan Minggu 13.00 WIB. Disela-sela waktu kuliah, diadakan kunjungan dan pengumpulan data di lokasi (penginapan, kebun, dll)

Outing Class kali ini menghasilkan 5 group dengan 5 tema Simulaisi berupa :

  1. Pembuatan simulasi 2D atau 3D dari lokasi penelitian dengan alat bantu GPS (Global Positioining System),
  2. Pembuatan Management Destination,
  3. Pengelolaan sumber daya air dari sisi konsumsi dan nilai tambah nya,
  4. Pengelolaan energi bersumber daya air,
  5. Management dan Market Engineering produk lokal : Strawberry dan Stevia

Gambar berikut (dibawah ) adalah potret udara gunung Lawu. Lokasi menginap ditandai dengan tulisan Segoro yang berada pada ketinggian 1233.5 meter; -7.608555 Lintang Selatan dan 111.1413 Bujur Timur. Tempat berfoto dibawah ini adalah Lapangan untuk pemberangkatan olah raga paralayang yang berada pada ketinggian 1371 m pada posisi -7.36139 LS dan 111.08389 BT

Dari Tema 1, diharapkan diperoleh data-data geografis, kontur, kemiringan dalam 2 D maupun 3 Dimensi. Data ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk pngelolaan lahan dan air di Desa Segoro Gunung.

Tema 2, diharapkan akan mampu membuat simulasi dalam bentuk Sistem Informasi seperti www.destinationsolo.com yang mampu mendeskripsikan dengan rapi semua informasi dan potensi Desa Segoro Gunung sehingga menjadi “Destination”. Selain itu juga berharap dapat menggandeng semua pelaku pariwisata yang ada di sekitar lokasi. Beberapa site yang sudah dibuat bersama timnya P Indrawan dari Seni Rupa FSSR UNS :

Tema 3dan Tema 4. Sumber mata air yang berada pada ketinggian 1240 m dan pada posisi -7.36316 LS dan 111.08306 BT menjadi dasar perhitungan untuk menentukan nilai tambaha air : Pembuatan air mineral untuk souvenir pada Tema 2, pembuatan kolam untuk budidaya Sidat (Anguilla sp : Inagi) dan untuk mikrohidro (pembangkit listrik mini) .

untuk air mineral, saat ini UNS telah mengkonsumsi dalam bentuk Galon ber-merk ROW Permata Lawu, untuk souvenir sedang dilakukan proses instalasi alat di rumah Bpk Sumadi . Sementara untuk budidaya Sidat saat ini sudah mendapatkan buyer dari Osaka Jepang. Namun Sidat yang diekspor tidak dari hasil budidaya melainkan membeli dari nelayan di Pacitan, Cilacap dan Sukabumi. Guna mendapatkan nilai tambah, bersama Prodi Biologi FMIPA akan dilakukan budidaya di kolam Amanah Farm Karangpandan.

Tema 5. Bibit Stevia Reabudiana dan Strawbery yang diperoleh kerjsama dengan balai tanaman obat Tawangmangu sudah mulai ditanam di lahan yang kita kontrak untuk 1 tahun

Stevia yang sudah kering bekerjasama dengan perusahaan menjadi Jeli siap saji yang dieksport ke Singapura dan Amerika :

Berikut adalah hasil tulisan final dari outing class sebelumnya dibulan oktober 2009. Hasil tulisan dilhami dan didukung data Desa Segoro Gunung :

  1. Menggali The Fortune in the bottom of the pyramid di Segoro Gunung dengan Wikinomics dan Blue Ocean Strategy. ( diajukan pada kompetisi IWIC 2009 Indosat untuk group research and development )
  2. Sistem informasi komoditas Agro : www.agrolelang.net
  3. Sistem Informasi destination : www.destinationsolo.com
  4. The Insertion of Small Scale Farmers into Market Auction, Can it Really Improve the Indonesian Gurem Farmer Welfare ? The Perspective of the Auction Price Formation and Farmer’s Motivation Factor , Eidenburgh, 2010. Winarsih DWI- Universite de Poitiers, Sutanto- Sebelas Maret University
  5. Collaboration Research with Universite de La Rochelle 2010 : How to break the stagnation trap of small-scale farmers of Central Java (Mathematical and empirical analysis of peasant economy )

Mantra ajaib : “man jadda wa jadda”