Jawaban SNMPTN 2008 dan PMDK 2009

Rahasia Soal dan Analisa Jawaban Ujian Masuk PTN serta Kiat Sukses di PMDK

Soal SPMB, UMPTN sampai SNMPTN adalah soal yang benar-benar telah dipersiapkan dengan matang. Alias kalau dengan bahasa matematika : Soal yang seimbang…. Berikut petikan soal Matematika Dasar :

13. Suku-suku barisan geometri tak hingga adalah positif, jika suku u1 + u2 = 45 dan u3 +u4 = 20 maka jumlah semua suku tersebut adalah
(A) 65
(B) 81
(C) 90
(D) 135
(E) 150

Dimana letak seimbangnya ? Berikut keindahan soal tersebut :

1. Dalam Soal selalu dituliskan atau diketahui 2 informasi; yang pertama : jika suku u1 + u2 = 45 dan yang kedua u3 +u4 = 20.
2. Dari 5 pilihan jawaban yang disediakan ternyata tidak asal menuliskan jawaban di pilihan A, B, C, D dan E, kalau di cermati benar, maka ada 3 pilihan yang bisa digugurkan karena tidak sesuai dengan informasi pertama.
3. Disinilah kita menyebut seimbang, karena jika 5 pilihan mempunyai probabilitas yang sama untuk dipilih maka peluang kita menang : 1/5 dan peluang kita kalah adalah 4/5. Ini Tidak Adil ….!!!! maka cukup dengan informasi pertama dan dengan info tersebut kita bisa menggugurkan 3 alternatif pilihan, sehingga tinggal memilih satu dari 2 alternatif. Aalias peluang menang=peluang kalah = 1/2 (Ini Baru Fair ….cukup hitung benik).

Mari kita kerjakan dan analisa soal-soal UM PTN berikut :

SOAL SNMPTN 2008

Nomer (1). Nilai maksimum dari z=-3x+2y yang memenuhi syarat 3x+y≤9, 5x+4y≥20, x≥0 adalah :

A. 10

B. 14

C. 18

D. 20

E. 24

Jawab : Nilai maks Z akan terpenuhi bila dan hanya bila x sangat kecil atau boleh x=0, karena kalo nilai x positif besar maka tdk akan mencapai nilai Z besar (sebab anda punya -3). Sehingga

Z=0+2y dimana y=9 atau y=5 untuk x=0

Sehingga hanya alternatif C yaitu Z=18 atau A yaitu Z=10. Dan untuk mencapai maksimum maka dipilih Z=18

Nomer (4) Jika a=9log(3√16) dan b=2log(1/3) , maka a.b =

A. 4/3

B. 2/3

C. 4/9

D. -2/3

E. -4/3

Jawab : Nilai a adalah positif dan b adalah negatif sehinga a.b = negatif. Sehingga alternatif A, B, C mati. Dan jawabannya adalah D

Nomer (5). Persamaan kuadrat X2 –ax+a+1 = 0 mempunyai akar-akar x1 dan x2. Jika x1-x2=1, maka a =

A. -5 atau 1

B. 5 atau -1

C. 5 atau 1

D. -5 atau -1

E. 1/5 atau 1

Jawab : dengan dipandu jawban dari A, B, C, D dan E ; anda mempunyai pasangan bilangan (b,c) untuk nilai b =-a dan c=a+1 adalah :

Tatkala a=5 diperoleh (-5,6),

Dari pasangan bilangan tsb nampak bahwa pasangan (b,c) berpola bilangan pertama adalah jumlahan akar2 dan bilangan kedua adalah perkalian dari akar2. Sehingga alternatif A, D, E gugur.

Tatkala a= -5 diperoleh (5,-4) atau

Tatkala a=-1 diperoleh (1,0),

Tatkala a=1 diperoleh (-1,-2) atau

Tatkala a= 1/5 diperoleh (-1/5,6/5).

Hanya tatkala a=1 yg memenuhi

Nomer (6). Jika Un adalah suku ke-n deret aritmetika yang memnuhi U5=1/4 dan U1+U2+U3+U4+U5=10, maka U3 =

A. 9/8

B. 2

C. 23/8

D. 15/4

E. 19/4

Jawab : U5=a+4b = 1/4 sedangkan U3=a+2b sehingga U3=a+4b-2b=1/4-2b=(1-8b)/4. Karena suku ke 3 positif maka b adalah negatif. Jadi U3= (1+8b)/4 logika sederhana meminta apakah 0<1 atau b>1 ? Jika mengamati nilai U5 yang mengecil selain diakibatkan oleh nilai b yang negatif juga karena b bilangan pecahan. Jadi nilai 0<1 alias alternatif A, C, D, E mati. Sehingga jwban : B

Nomer (7) Jika m+1+1/m+1/m2+…=6m maka m =

A. 1/6

B. 1/5

C. 5/6

D. 6/5

E. 2

Jawab : dapat dilihat bahwa deret geometri dengan r=1/m jelas m>1 sehingga alternatif A, B, C mati. Dari rumus jumlah tak terhingga deret geometri diperoleh: a/(1-r)=m/(1-1/m)=6m sehinga diperoleh m=6/5.

(Nomer 10). Jika selisih 2 bilangan positif adalah 1 dan jumlah kuadratnya adalah 4, maka jumlah 2 bilangan itu sama dengan :

A. V2

B. V7

C. 3

D. V11

E. V12

Jawab : dari info kedua diperoleh informasi : X2 +Y2 = 4 berarti X dan Y tidak lebih dari 2 sehingga kalo di jumlahkan tidak akan lebih atau sama dengan 3. Jadi C, D dan E adalah alternatif mati.

(X+Y)2 = X2 +Y2 + 2XY = 4 + 2 XY ~ 7

X+Y = √7


Sukses di PMDK ? Kenapa tidak…..

Tatkala mendapatkan formulir PMDK dari Universitas-Universitas yang membuka jalur Penelusuran minat dan bakat, apa yang musti dilakukan oleh Phak kepala sekolah atau guru konseling sekolah ?

  1. Sekolah harus mampu memahamkan ke siswa apa itu jalur PMDK dan jurusan apa yang hendak dipilih
  2. Sekolah harus “mudeng” bagaimana penentuan atau penilaian jalur PMDK, apakah benar ada istilah black list buat sekolahan yang bandel ? apakah hanya siswa rangking 10 besar saja yang akan diterima? dsb. Berikut adalah variabel yang digunakan dalam penilaian PMDK dengan mendasarkan pada data tahun sebelumnya : (a) Nilai rata-rata UN sekolah baik kelas IPA maupun kelas IPS, (b) Nilai rata-rata SPMB atau nilai rata-rata IPAdan IPS SNMPTN, (c) Proporsi antara jumlah siswa dalam satu sekolahan yang mendaftar SPMB/SNMPTN terhadap jumlah siswa sekolah tersebut yang diterima, (d) Bisa jadi dipertimbangkan nilai kareditasi sekolah, (e) Pembobotan matapelajaran menurut jurusan yang dipilih (misalnya : nilai biologi mempunyai bobot yang lebih tinggi di jurusan kedokteran dibandingkan jurusan Teknik sipil)
  3. Memetakan siswa dan pilihannya dengan tepat, jangan sampai siswa dari asala sekolah yang sama “bertempur” sendiri