UNS : Think Locally Act Globally

Fakultas Ekonomi UNS, full day Jumat 5 september 2008 bikin lokakarya penyusunan SIAKAD online.

Thanks God, akhirnya baru kali ini, kami sebagai tukang jahit mengukur badan yang mau pakai baju, menentukan modelnya. Tujuan loka tersebut ternyata sangat mulia : Menciptakan layanan yang standart international. Dan saya menangkap sebuah model organisasi yang sangat visioner di http://fe.uns.ac.id

Selain perubahan bangunan fisik, juga perubahan bangunan service dan bangunan managementnya. dan harap tidak kaget mulai tahun ini Fakultas Ekonomi secara resmi mempunyai program double degree dengan Universite de La Rochelle. Dan tgl 5 september 2008 sudah datang mahasiswa dari sana untuk menuntut ilmu di Program MM Fakultas ekonomi, dan tanggal 20 september 2008, 5 student MM FE (dikomandani Mas Muh Syafiqurahman) mengikuti kuliah di Universite de La Rochelle. Selamat…!!! Jaga kredibilitas UNS disana ya Mas dan Mbak. Soalnya setiap jengkal di sana, orang sdh kenal dengan UNS Solo. Dan sekarang barusan saya dengar kabar Mas Wahyu dan Mbak Dwi yang sudah menjalani “hukuman” kuliah Master disana memenangkan beasiswa untuk ngambil Doctorat. Yang Wahyu ke Universite Limoges dan yang Mbak Dwi ke Universite de Poitiers dengan domain riset : Mathematique appliquedans l’economique. Serta kita (UNS) punya riset bersama dengan Universite de Larochelle & Leiden Universite tentang pengembangan ekonomi di Larantuka Flores Timur, kayaknya mereka kepencut dengan yang dibuat tim Puskom UNS di http://komoditi.jawatengah.go.id , ternyata efektif juga sistem yang dilaunching oleh SBY (meski bukan padi Supertoy); cuma komoditinya diarahkan pada hasil laut dan wisata.

Bukan cuma itu, Budi Yulianto, PhD student di University of Newcastle upon Tyne (Asli dosen UNS teman seperjuangan) memperoleh Smeed Prize, penghargaan bergengsi untuk research student di bidang Transportasi.

Saya berharap mereka tidak bosan untuk upload e-book dan journal2 ilmiahnya ke http://pustaka.puskom.uns.ac.id sekaligus daftar ke blognya UNS di http://staff.uns.ac.id

Di jumat malamnya UNS juga kedatangan 13 student asing (Rusia, Negeria, China, Korea Selatan, Madagaskar, Laos, Thailand untuk kuliah di Fakultas Sastra, Fakultas MIPA, Fakultas Ekonomi dan Pasca. Selamat bekerja P. Drajat/Mas Sonny dan Timnya di International Service. Jangan buat mereka kecewa.

Semua ini sebenarnya hanya langkah kecil untuk UNS menuju world class university, soalnya menurut pengukuran webometrics, Universitas sebelas maret masih berada pada posisi 4681 dunia. Yach lumayan…. dan mohon semua teman2 UNS, kita coba dongkrak rangking dunia UNS menuju ke 3000 di januari 2009.