Algoritma Genetic Termodifikasi

Sekolah hanya punya 6 kelas, lokal kelas juga 6 dan guru 7 tidak terlalu susah menyusun jadwal, apalagi mata pelajarannya paket ! Tapi kalo yang diatur sudah 2000 mahasiwa , 100 dosen dan lokal kelas terbatas serta matakuliah yang diambil berdasarkan capaian Indeks prestasi…..selamat datang anda di dunia matematika

Mumpung di UNS sdh ada aplikasi SIAKAD Online yang didalamnya ada transaksi pengambilan SKS. Saya pikir adalah sebuah laboratorium yang menarik untuk diadakan penelitian untuk menelorkan sebuah algoritma baru dalam scheduling. Mahasiswa matematika atau Ilkom yang mau joint dalam riset ini silakan hubungi saya terutama mereka yang mau ambil skripsi atau thesis atau mata kuliah kapita selekta sekitar : algoritma genetic. Thanks

Contoh artikel bisa download disini :Aplikasi Algo Genetic untuk penjadwalan kuliahmakalahif2251-2008-023

Berikut adalah hasil contoh pembuatan Jadwal di Jurusan Matematika dengan menggunakan Aplikasi sederhana AsC TimeTable :

klik gambar diatas untuk lebih jelas

Masalah berikutnya yang timbul adalah bagaimana meyakinkan dari hasil jadwal yang menggunakan algoritma genetic tersebut, akan mendapatkan sekumpulan mahasiswa yang puas. Puas dalam pengertian, mereka dapat maksimum mengambil matakuliah yang menjadi jatah mereka. Karena banyak sekali terjadi : sebenarnya masih punya jatah SKS tapi nggak bisa ambil matakuliah karena jadwalnya gabung (Ini sering terjadi bagi mereka yang pengen ngulang matakuliah di semester bawah alias ngulang). Nah dari SIAKAD Online dapat dideteksi ada berapa kali Mahasiswa yang melakukan klik pada matakuliah tertentu dan dinyatakan “gagal” (atau tidak boleh mengambil matakuliah yang di klik tersebut). Jumlah kegagalan tersebut dapat dibuat %, semakin besar nilai %nya maka jadwal belum dikategorikan baik. Karena belum bisa mengakomodir pihak “user” dalam hal ini mahasiswa.

Sehingga open problemenya : Mencari jadwal yang dapat memperkecil nilai % kegagalan di pihak user dengan menggunakan Algoritma genetic.

Article atau Proposal skripsi (Tugas Akhir) Algoritma Genetic bisa di article-algogenetic