Rektor : Bisa nggak UNS masuk 3000 di Webometrics?

Jawabnya sederhana : Mohon doanya saja !!! Doa orang tua yang bijak biasanya pasti terkabul, Amien. Dan yang muda segera bekerja dengan santun, jangan takabur, jangan melamun, jangan membayangkan masa lalu. Merendahlah dan Lihat masa depan !

Siapa yang menghuni di peringkat 3000-an Webometrics? Mereka adalah : Universitas Bina Nusantara Jakarta dan Universitas Airlangga Surabaya. Waks..?! UNS mau menggeser mereka? Pungguk merindukan bulan? Jangan mimpi, apalagi mimpi di siang hari bolong?

Hidup adalah perbuatan (pinjam ya P. Capres…) Sekecil apapun yang telah anda perbuat untuk UNS pasti akan sangat berguna bagi kemajuan kita bersama. Apalagi yang besar, tentunya sekelas civitas UNS akan berbuat dan melakukan sesuatu yang nggak tanggung-tanggung. Apa yang telah dan akan kita perbuat : Kecil, besar atau sedang; akan lebih mempunyai nilai dan mempunyai daya dorong yang luar biasa apabila dikomunikasikan dan diorganisasi secara baik.

Semua itu tidak ada yang mudah tapi semua itu tidak ada yang tidak mungkin. Mari kita lihat jalan yang harus kita lalui bersama :

Grafik diatas adalah daily reach % dari clients yang meng-klik www.uns.ac.id dan www.unair.ac.id ; yang bawah milik UNS sementara yang diatasnya milik UNAIR yang dipotret pada bulan May – September 2008. Delta atau selisihnya lumayan jauh. Bagaimana kita dapat menyusul UNAIR ? Berikut adalah beberapa masukan atau action plan yang bisa kita kerjakan bersama-sama :

  1. Klik ke www.unair.ac.id didominasi oleh perpustakaan dan e-journalnya mendekati 30% dari total hit yang mereka peroleh (ini universitas yang sdh on the right track sebagai research university). Sehingga tidak ada kata lain perpustakaan UNS (http://pustaka.uns.ac.id) harus segera berbenah : konten perpustakaan melalui e-journal segera diisi , katalog perpustakaan dilengkapi lagi dan menjalin kerjasama seluas-luasnya dengan semua stakeholders, dan yang terakhir jangan lupa SOSIALISASI : ” Untuk menemukan buku atau referensi kuliah anda yang bermutu, kunjungi www.pustaka.uns.ac.id”. Yach kalo perlu sedikit dipaksa : Mahasiswa harus mengambil referensi di pustaka.uns.ac.id untuk sebuah penulisan artikel ilmiah mereka, daripada sebagian mahasiswa (sebagian lho….jangan marah ya) setiap hari nongkrong di boulevard. Sehingga capaian indikataornya jelas : Tingkat kunjungan mahasiswa UNS ke perpustakaan dan tentunya ke www.pustaka.uns.ac.id menjadi 0.5 per hari (sekarang berapa ya P. Harmawan…? yang jelas sudah sangat ramai perpustakaan UNS)
  2. Perwajahan web SPMB UNS perlu di vermak ulang, menata kembali alur informasi SPMB UNS dengan menjadikan web spmb sebagai jendela masuk mendapatkan info UNS (FAkultas, Kemahasiswaan, Lembaga, UPT dll). Luar biasa ! www.spmb.uns.ac.id telah menyumbang hampir 20 % hits dari total Hits ke UNS. Ini mengindikasikan banyak orang (calon mahasiswa) pengen banget kuliah di UNS : murah dan bermutu. Dan terbukti, tingkat ketetatan masuk UNS ranking 5 diantara peserta SNMPTN th 2008. Dan terbukti, sosialisasi web SPMB UNs cukup berhasil.
  3. Orang UNS harus banyak yang menulis. Alhamdulillah saya banyak menjumpai didunia maya tulisan2 hasil besutan/karya teman2 dari UNS yang kalo di ukur page ranknya sudah luar biasa tinggi, seperti blognya Mas Tonang www.tonangardyanto.blogspot.com blognya Pak Adi http://adisulistiyono.com/ blognya Mas Rosihan di http://rosihanari.net blognya Mas Yuyun http://y2n.staff.uns.ac.id ; bagaimana kalo kami usul mereka mendapatkan penghargaan reward atas karyanya dan sudilah kiranya memigrasikan blog nya ke http://staff.uns.ac.id. Akhirnya dengan pioneer dari mereka universitas harus me-launching “UNS Ngeblog” adalah program yang digulirkan untuk memfasilitasi seluruh civitas akademika UNS untuk mengaktualisasikan diri melalui tulisan. Salah satunya blog ini. Siapa saja yang merasa sebagai warga negara UNS (termasuk P. Rektor, jangan kalah sama P. hidayat Nur Wahid) sebaiknya segera daftar di http://staff.uns.ac.id
  4. Penyatuan aset (infrastruktur, SDM, Aplikasi) Ilmu Komputer, D3 Teknik Komputer, Informatika, management informatika, UPT Puskom kedalam satu “wadah” untuk memperkuat tim teknis webometrics. Karena ke depan tantangan nya semakin berat.
  5. Fasilitasi teknologi informasi bagi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di tingkat fakultas dan universitas, BEM dan DEMA : Pelatihan TI di SAT Puskom UNS, penghargaan berupa uang pembinaan bagi UKM terbaik
  6. Bagian “SI Baru” segera menyempurnakan lembaran “Kontak” (Mas Rovik kasihan lho KONTAK… :hidup sungkan matipun enggan) menjadi berita2 UNS online (kalau perlu mencari mahasiswa magang untuk kejar berita) melalui portal baru “Info UNS”
  7. Antisipasi kebutuhan bandwidth kita melalui program SIEX (Solo Internet Exchange) untuk menuju 25 Mbps.