Penantian Mbah Surip di webometrics : UNS Tembus 5 besar PTN dan 1617 dunia !

PERS RELEASE

Pada tanggal 30 juli 2009 Webometric telah melansir peringkat baru perguruan tinggi se-dunia. Dari daftar peringkat (www.webometrics.info), UNS menempati posisi 1617 dunia dan 4 PTN besar Indonesia. Pemeringkatn ini dilansir setiap 6 bulan sekali, pada bulan januari 2009 UNS baru menempati ranking 2159 dan menempati 8 besar PTN di Indonesia. Merupakan posisi yang prestise, menempatkan UNS sejajar dengan universitas-universitas kelas dunia.

Dengan melihat data tersebut, sebenarnya telah cukup untuk melihat bahwa sebuah perubahan ke arah yang lebih maju telah terjadi di Universitas Sebelas Maret Solo. Jika diamati ranking paling tinggi dimiliki oleh UNS adalah pada aspek penilaian Visibility dan size. Aspek ini cukup menunjukkan kepada kita bahwa pada saat ini, UNS menjadi primadona untuk mendapatkan dan mencari sumber-sumber informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Produk-produk yang dimiliki oleh UNS harus dieksplorasi lagi, dipromosikan lagi ke level internasional, untuk kemudian diatur dengan management informasi yang baik. Upaya ini akan sanggup membawa citra UNS menjadi center of excellent.

Meski demikian masih perlu ditingkatkan lagi pada aspek rich file dan scholar, yaitu kemauan dan kemampuan menulis dari civitas akademik UNS yang memenuhi kaidah standart internasional. Sehingga dari sini dihasilkan, karya-karya mereka yang akan dapat menjadi referensi atau rujukan bagi ilmuwan yang lain. Secara teknis, UNS musti mempunyai sebuah organisasi yang mampu memanagement karya ilmiah civitas akademika, dimulai dari management reward bagi penulis, pencetakan dan publikasi (dalam bentuk hardcopy dan softcopy), serta management pengarsipan dalam sebuah digital library yang handal.

Dengan melihat analisa diatas, nampak jelas bahwa hasil dari webometrics seperti yang ditulis dalam artikel Isidro F. Aguillo berjudul : “Scientific Research Activity and Communication Measured with Cybermetrics Indicators merupakan potret riil keunggulan dan kelemahan management perguruan tinggi yang dilihat dari management information. Hasil yang diperoleh dalam webometrics ini tidak jauh berbeda dengan hasil pemeringkatan yang dirilis oleh : ARWU (Academic Ranking of World Universities) dan THES (Time Higher Education Supplement). Sebagai sample, UNS yang yang pada January 2009 lalu diposisi 361 Asia dan Timur Tengah pada perangkingan Webometrics, di versi THES UNS berada pada posisi 171. Nampak bahawa jika Perguruan Tinggi dari Negara-negara Timur Tengah dikeluarkan dari perangkingan webometrics maka peringkat UNS di wilayah Asia juga akan berkisar pada 200 besar Asia.

Berikut adalah peringkat resmi Webometrics per Juli 2009 yang dikeluarkan oleh Cybermetrics Lab (CSIC) Madrid, Spanyol :











Down load pers-release

Walah…paling pada nggak percaya kalau UNS ada di 4 besar PTN dan 1617 dunia. Padahal sumbernya jelas : http://www.webometrics.info/rank_by_country.asp?country=id

Terserahlah…yang jelas Tuhan nggak pernah tidur tahu siapa yang kerja, siapa yang kerjanya MAIDHO orang kerja.

Akhirnya kami harus membocorkan “resep rahasia” ini, syukur2 ada yg mau melakukan riset lanjutan dari tulisan ini biar universitas di Indonesia bisa lebih maju. Meskipun kami sdh punya hitungan matematikanya dengan menganalisis article webometrics yg ditulis oleh P. Isidro : “scientific research activity and communication measured with cybermetrics indicators”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar